Langsung ke konten utama

📚NICE HOMEWORK #1📚 ADAB MENUNTUT ILMU

Jurusan ilmu yang akan anda tekuni di universitas kehidupan....

Bismillah,,, saya akan menekuni ilmu BISNIS/berDAGANG

pemahaman dagang yang saya masih yakini baru berupa bahwa 9 dari 10 pintu Rizki ada disini ,,,dg dangan sekecil apapun kita sudah bisa beramal mulai dri menyenangkan orang saat memberi apa yang diminta (misal potongan harga, warna barang yang diingan , produk yang dibayangkan, dll )

dan RIZKi yang saya yakini bukan hanya uang halal saja , kesehatan, anak sholeh/a (*read bahagia krn berlimpah fitrah yang ALLAH kasih),  keluarga yang penuh kasih sayang, teman/sahabat juga merupakan RIzki

ya, saya selalu iri dengan embah2 pedagang jajanan pasar/ buah2 rumah yang bisa dengan senyuumnya memberi buah yang segar saja kpda yang membeli,, memberi kelebihan timbangan (ngimbuhi kalo bahas jawanya :D) dll...

Alasan terkuat apa yang anda miliki sehingga ingin menekuni ilmu tersebut?

dari ilmu ini saya akan dengan mudah beribadah
saya bisa mencari ilmunya
saya bisa mempraktekan ilmunya
saya bisa mengajarkan ilmunya
dan berharap bisa menikmati hasil atas ridhoNYA
dari sini saya akan mudah banyak membantu > (bermanfaat)

Bagaimana strategi menuntut ilmu yang akan anda rencanakan di bidang tersebut?

saya akan awali ilmu ini dari belajar marketing ,,, bagaimana saya akan berkomunikasi dg orang,bagaimana saya akan memberi pemahaman ke orang ,bagiamana  saya akan mebuat orang untuk melakuakn sesuatu ,,,

maka dg bismillah, saya
1. memantaskan diri untuk belajar>>> dengan "time managent" ,  saya yang BERTANGGUNG  JAWAB atas mendidik anak2 hingga mereka baligh lalu menemaninya dan menjadi istri yang di ridhai ALLAH
2. menemukan sang maestro>>>belajar dari mereka
3. MENBACA ilmu tentang Bisnis/ Entrepreneurship
4. mengkaitkan ilmu yang didapat dg Alquran + hadist
5. mengikat ilmu dg diri >> dg menilisnya, mempraktekannya, membagikannya.>>> menjadikan blog ini blog ilmu bisnis ;)

Berkaitan dengan adab menuntut ilmu,perubahan sikap apa saja yang anda perbaiki dalam proses mencari ilmu tersebut.

- nggak langsung buru buru share ilmu yang saya anggap , wuah ini bermanfaat nieh lalu share di medsos,di wa _ketiplek_/ persis seporti redaksinya..
hee jadi sekarang saya
,,, bertanya dulu ke yang punya tulisan untuk share tulisannya (ketika tau langsung siapa penulisnya)
,,, mencantumkan sumber tulisan / nama pemilik tulisan
,,, meresapi ilmu dan menuangkan dalam tulisan sesuai hikmah yang saya dapat
,,, mulai belajar mengikat ilmu dg tulisan
,,, mulai belajar menyusun ilmu secara sistematis
,,, langsung membetulkan buku anak2 yang tersobek
,,, ya, dulu saya punya rasa yang malas berangkat ke masjelis taklim karena disana saya akan repot dan nggak akan mungkin dapat ilmu dari penyampai ilmu. karena saya pernah trauma dalam 1 hari Liqo (kurleb 3 jam) yang saya kerjakan hanya memastikan anak2 (3 balita = lazera) tidak ribut dg anak2 lain di tempat Liqo,, bolak balik kamar mandi karena anak2 sakit perut >< sampai syetan menghembuskan rasa untuk meremehkan atas ilmu dan manfaat yang ada di majelis ilmu tersebut,,,, namun sekarang tidak, alhamdulillah ternyata 1 hari yang membuat saya trauma itu adalah hari dimana saya telah melakukan " adab membawa anak ke majelis ilmu " dan kini insyaAllah saya tidak ragu membawa merea ke majelis  ilmu>>  saya bisa saja dg anak2 berkolabirasoi membuat kidscorner dadakan ala lazera, bisa memberi contoh adab ke teman2 yang masih belum faham (sebelun memberi ilmu) , sambil memberi adab ke anak2,, bahwa menuntut ilmu itu adalah juga ibadah yang mungkin dilakukan mereka nanti saat mereka punya anak, adalah juga ajang silaturahmi   dll

.
.
.
Alhamdulillah
.
.
.
saya tutup NWH#1 ini dg penutup pertanyaan dari rangkaian pertanyaan diatas ;)

Menuntut ilmu adalah salah satu cara meningkatkan kemuliaan hidup kita, maka carilah dengan cara-cara yang mulia

Salam Ibu Profesional,


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aliran rasa ikut bunda cekatan angkatan pertama

Perjalanan di bunda cekatan itu, adalah 6 bulan yang bikin beneran tau cara menjadi cekatan di suatu bidang. Iyaa... Bidang apapun itu. Keren banget , ibu Septi merancang dan mempraktekan ini bersama kami semua,,, mahasiswi buncek angkatan pertama.. Dari yang awalnya penasaran aja.. Lalu menjalani sekedarnya... Lalu melihat lingkungan yang tenyata begitu menggelora sehingga saya pun terbawa gelora itu.. Gelora untuk sayang banget kalau aku terus2an terlena dg waktu dan kenyamanan semu. 1 masa yang panjang memang, untuk saya sadar bahwa sayapun istimewa, sayapun punya yang dibisa. Lalu bertemu mentor yang saya pilih sendiri krn melihat dari luar, apa yang beliau miliki mirip dg yg Allah anugrahkan ke saya.. Dan benar saja.. Menetapkan diri untuk tidak malu, bahwa saya baru mampu ditahap ini , itu adalah suatu poin terbesar saya saat " merayakan sebuah kesalahan / false celebration " Bahkan bu Septi memikirkan kami yang gagal, agar tetap bisa berselebrasi..

Sedihnya kehilangan sesuatu

Sedih banget hingga menangis dan tantrum krn bingung mengungkapkan sedihnya tak bisa ikut sahur di 3hari menjelang syawal.. 25hari lebih mereka terbiasa dibangunkan sahur... Dibopong dan kemudian bisa berbangga saya saum , saya sahur ketika ada kesempatan ditanya orang... ------

Duut.. Maaf ya

Malam malam langit terbangun dan meminta minum.. Selesai minum ( sambil duduk di atas kasur)... Terdengar suara... Duuut... Lalu ia merebahkan tubuhnya lagi Seraya berkata Langit : " bunda ini yg sobek sudah g sakit lagi.." ( sambil menunjukan bekas luka kena gunting.. Saat ia berkreasi kemarin malam.. ) Bunda: " emm. Iya kah. Coba bunda.lihat.. " ( disaat yg sama langit bicara) Langit : " bunda. Tadi langit kentut.. Maaf ya.. " Bunda : " iya... Ini perutnya kena kipas angin ya..." (bermaksud menjelaskan bahwa kemungkinan ia masuk angin) Dan langit pun mencoba tidur kembali) Ya Allah.. Mendengar celotehnya , Engkau berikan ingatan lucu aksi langit saat di dalam mobil.. Perjalanan pulang pasca loburan di jawa ( Tegal -Pemalang) bulan maret lalu.. Saat selesai dari rest area.. Mengantri akan mengisi bensin.. Duut... Duut.. Terdengar suara.. Disusul bau tak sedap mengisi udara dalam mobil ber ac kala.itu... Budhenya yg duduk di k