🍀MENDIDIK DENGAN KEKUATAN FIITRAH 🍀
Bunda dan calon bunda peserta matrikulasi IIP, masih semangat belajar?
Kali ini kita akan masuk tahap #4 dari proses belajar kita. Setelah bunda berdiskusi seru seputar mendidik anak dengan kekuatan fitrah , maka sekarang kita akan mulai mempraktekkan ilmu tersebut satu persatu.
a. Mari kita lihat kembali Nice Homework #1 , apakah sampai hari ini anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di Universitas Kehidupan ini? Atau setelah merenung beberapa minggu ini, anda ingin mengubah jurusan ilmu yang akan dikuasai?
b. Mari kita lihat Nice Homework #2, sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi checklist harian kita? Checklist ini sebagai sarana kita untuk senantiasa terpicu “memantaskan diri” setiap saat. Latih dengan keras diri anda, agar lingkungan sekitar menjadi lunak terhadap diri kita.
b.Baca dan renungkan kembali Nice Homework #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan bidang yang akan kita kuasai, sehingga peran hidup anda akan makin terlihat.
Contoh :
Seorang Ibu setiap kali beraktivitas selalu memberikan inspirasi banyak ibu-ibu yang lain. Bidang pelajaran yang paling membuatnya berbinar-binar adalah “Pendidikan Ibu dan Anak”. Lama kelamaan sang ibu ini memahami peran hidupnya di muka bumi ini adalah sebagai inspirator.
Misi Hidup : memberikan inspirasi ke orang lain
Bidang : Pendidikan Ibu dan Anak
Peran : Inspirator
c. Setelah menemukan 3 hal tersebut, susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut.
Contoh : Untuk bisa menjadi ahli di bidang Pendidikan Ibu dan Anak maka Ibu tersebut menetapkan tahapan ilmu yang harus dikuasai oleh sebagai berikut :
1. Bunda Sayang : Ilmu-ilmu seputar pengasuhan anak
2. Bunda Cekatan : Ilmu-ilmu seputar manajemen pengelolaan diri dan rumah tangga
3. Bunda Produktif : Ilmu-ilmu seputar minat dan bakat, kemandirian finansial dll.
4. Bunda Shaleha : Ilmu tentang berbagi manfaat kepada banyak orang
d. Tetapkan Milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi Hidup
contoh : Ibu tersebut menetapkan KM 0 pada usia 21 th, kemudian berkomitmen tinggi akan mencapai 10.000 (sepuluh ribu ) jam terbang di satu bidang tersebut, agar lebih mantap menjalankan misi hidup. Sejak saat itu setiap hari sang ibu mendedikasikan 8 jam waktunya untuk mencari ilmu, mempraktekkan, menuliskannya bersama dengan anak-anak. Sehingga dalam jangka waktu kurang lebih 4 tahun, sudah akan terlihat hasilnya.
Milestone yang ditetapkan oleh ibu tersebut adalah sbb :
KM 0 – KM 1 ( tahun 1 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Sayang
KM 1 – KM 2 (tahun 2 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Cekatan
KM 2 – KM 3 (tahun 3 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Produktif
KM 3 – KM 4 ( tahun 4) : Menguasai Ilmu seputar Bunda shaleha
e. Koreksi kembali checklist anda di NHW#2, apakah sudah anda masukkan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas. Kalau belum segera ubah dan cantumkan.
f. Lakukan, lakukan, lakukan, lakukan
Sang Ibu di contoh di atas adalah perjalanan sejarah hidup Ibu Septi Peni, sehingga menghadirkan kurikulum Institut Ibu Profesional, yang program awal matrikulasinya sedang kita jalankan bersama saat ini.
Sekarang buatlah sejarah anda sendiri.
Karena perjalanan ribuan mil selalu dimulai oleh langkah pertama, segera tetapkan KM 0 anda.
Salam Ibu Profesional,
/Tim Matrikulasi IIP/
TANYA - JAWAB
=============
1⃣Natalia Intan, Utk poin b yang NHW #3, Lebih ke peran kita di muka bumi-> utk lingkungan ya?
🤔 😬 kynya sy blm smpe sana bs jdi inspirator, punya peran banyak. Baru merasa berperan bnyk utk anak dan suami.➡ Bertahap ya mba, setelah menguasai peran untuk keluarga, usahakan naik tingkat sehingga hidup kita lebih berarti utk semesta alam✅
2⃣Andreine, Waah... kok tambah panjang??😰...duh duh yeeee. Tambah lieur saiah..
Ini tugas utamanya atau soal utamanya yang mana ya mba ikhe?➡Soal utamanya point c, d, e, f✅
3⃣ Sy masih bingung bidang pelajaran yg membuat berbinar-binar, adakah upayanya? ➡ Lihatlah Ananda, apakah merasa senang dan terus menerus melakukan kegiatan yg ia sukai itu, tanpa mengenal lelah, selalu ingin tahu ttg selanjutnya, setiap yg ia bicarakan hanya itu, selaku ingin melakukan hal itu. Kalau benar, berikan stimulasi yg tepat✅
4⃣Setelah mempelajari NHW#4 ini...saya jadi bingung..antara mau tetap mempelajari hal yg ingin saya pelajari(pada NHW#1) Dengan potensi yg dimiliki saya pribadi dan juga anak2+suami(NHW#3) yg sekarang harus dikembangkan..sehingga kami bisa menjadi "sesuatu" bagi sekitar.
manakah yg harus di prioritaskan untuk memulai 0Km nya????
#yg satu kebutuhan..
#yang satu pengembangan diri dan keluarga..hal yg potensial bisa berkembang pada kami..
Mohon pencerahan nya...
Hatur nuhun..➡Tulislah milestone yg memang benar-benar Anda inginkan untuk diraih sebagai prioritas utama. Jika yang pribadi sudah sukses dan konsisten dijalankan, bisa ke yang lebih luas.✅
Fasilitator Matrikulasi IIP Batch 2
Korwil 2, Tangerang-Tangerang Selatan
Ikhe, Novita
Komentar
Posting Komentar