Langsung ke konten utama

Menemukan Bakat mu

Judul yang cukup mampu membuat wow bagi penulis sendiri.

Ya , tapi ini adalah tahapnya.
Ilmu yang didapat dari kelas telur-telur bunda Cekatan Institut Ibu Profesional.

Meskipun sudah beberapa kelas pencarian bakat bunda yang penulis ikuti dan berakhir dg gugur/kegagalan.
Justru mungkin itu adl salah satu yang membuat penulis menulis jurnal ini.

Ya.. Type penulis yang enggan untuk berfikir terlalu dalam dan jauh / bukan planner banget. Jadi sangat termanjakan dg cara yang bu Septi berikan.

Dongeng, games plus fasilitas bermain, hadiah, dan kejutan. Adalah yang ibu tawarkan di tahap bunda cekatan angkatan petama ini.

Lalu, Games pertama dikelas telur2 ini adalah bukan menemukan 5 kekuatan kita saja.

Tapi ibu memberi tau pengalaman dan cara ibu menemukannya.

Kata ibu:
kita itu spesial, selama ini menjadi biasa saja, krn kita "sekedar" mengerjakan kegiatan secara rutin.
So,
Inilah cara ibu, yang amat mundah untuk kita ikuti (insyaAllah)

Yaitu:
1. Dengan menulis aktivitas kita dlm sehari itu apa saja.
Lalu,
2. Kita bagi menjadi 2 . Yang membuat kita bahagia (suka) dan yang tidak.
Lalu,
3. Bagi lagi, dari 2 itu. Masing2 Menjadi 2, yaitu yang kita bisa dan tidak bisa.
Daan
4. Taraa.. Pilihlah 5 hal yang kamu suka dan bisa. ( hahaha selamat mencoba yaa)

Ini adalah hasil perenungan penulis selama mengerjakan 4 tahap itu.


Nah dari 92 aktivitas penulis sebagai ibu, istri, hamba, dan diri sendiri
Ibu menyediakan 2 lyout yg bisa dipakai lagi untuk sampai mendapat 5 kekuatan kita.

Nah krn penulis mau edit foto , berasa kurang besar.. Maka saya tulis disini yaa..

Bismillah.
#Tidak suka, Tidak Bisa
1. Sambut suami, bangun pagi (berharapnya, saya yang disambut)
2. Memotret (berasa syusah, tapi suka mengedit nya..)
3. Merencanakan hidup, tahunan, 5thunan ( saya buka type planner banget)
4. Merencanakan games dengan faedah2nya.. (ini senada dg yg no 3, saya maunya tinggal praktek aja)
5. Mempersiapkan anak2 tidur siang atau malam (masih di tahap selalu gagal)😁

# Tidak Suka dan Bisa
1. Merencanakan aktivitas untuk anak2 (sukanya tinggal pake ya, bisa buat meski tanpa faedah yg jelas)
2. Tilawah mandiri/ sendirian (baru terasa kurang menyenankan ketika saya tilawah bersama anak2 yg sedang beraktivitas tanpa suara, sepeti anak2 sedang menulis atau menggambar. Berasa bahagia kalau ada mereka.. Krn dlm diamnya mereka beraktivitas. Mereka mendengarkan saya dan mereka bahagia menemukan kata2 dari apa yg saya baca)
3. Merencanakan menu harian, pekanan, bulanan. ( ini saya masukan ke kategori bisa... Krn suami pernah menantang saya membuat menu bulanan beserta anggaranannya, daan berhasil doong. 1bulan)
4. Cuci, jemur, dan lipat baju ( nah, kalau menyetrika malah suka)
5. Sapu, pel rumah ( nah kalau pindah pindahin barang, susun susun.. Itu suka)

Lanjut ya.. Ke kuadran Suka ( membuat saya bahagia)
# Suka dan Tidak bisa
1 Belajar dan Praktek pengaturan keuangan ( wuaah.. Padahal ini awalnya mau saya masukan ke kekuatan loch.. Dan saya suka belanja.. Tapiii entah lah. Sampai sekarang masih belum bisa juga mengatur keuangan. )
2. Menjahit (ini keinginan sejak duluuuu kala..(sd/ smp gitu) Huhuhu)
3. Olah raga
4. Menghafal ( salah satu kenapa saya masuk ipa dan kagum dengan anak ips dan bahasa) ,, krn suka , saya tau lah ya beberapa cara menghafal yang fun dan efektif. AHA.. Kapan2 saya buat tulisannya. InsyaAllah😘
5. Menggambar.. (owow.. Beda jauh sama anak2 yang pada doyan gambar.. Apa krn mereka saya yang arahkan ya?? Heem perlu penyelidikan niih)
6. Nah ini Bonus.. Yaitu berjualan. ( kenapa masuk kategori yang tidak bisa?? Krn saya belum berhasil menghasilkan 100jt/bulan) #masih Recek receh penuh berkah.. IsnyaAllah.


Yeaaay.. Masuk ke kuadran yang ditunggu..
#Suka dan Bisa (beneran bisa dibilang kekuatan ku ga ya.. Krn berasa masih di level beginer .. Krn sekedarnya tadi.. Fiuh)
1. Mengajar anak Membaca Alquran dan Sholat
2. Main, belajar, bertumbuh sama suami dan anak2 (untuk menemukan, berkenalan, bersahabat, dan memanfaatkan seluas luasnya bakat / misi spesifik hidup kami)
3. Merapikan rumah
4. Menulis
5. Memasak

Alhamdulillah binikmatihi tatimus shalihat.

Mari
#JanganLupaBahagia
#JurnalPekanKe1
#Materi1
#KelasTelur
#BundaCekatan
#BuncekBatch1
#BuncekIIP
#InstitutIbuProfesional

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aliran rasa ikut bunda cekatan angkatan pertama

Perjalanan di bunda cekatan itu, adalah 6 bulan yang bikin beneran tau cara menjadi cekatan di suatu bidang. Iyaa... Bidang apapun itu. Keren banget , ibu Septi merancang dan mempraktekan ini bersama kami semua,,, mahasiswi buncek angkatan pertama.. Dari yang awalnya penasaran aja.. Lalu menjalani sekedarnya... Lalu melihat lingkungan yang tenyata begitu menggelora sehingga saya pun terbawa gelora itu.. Gelora untuk sayang banget kalau aku terus2an terlena dg waktu dan kenyamanan semu. 1 masa yang panjang memang, untuk saya sadar bahwa sayapun istimewa, sayapun punya yang dibisa. Lalu bertemu mentor yang saya pilih sendiri krn melihat dari luar, apa yang beliau miliki mirip dg yg Allah anugrahkan ke saya.. Dan benar saja.. Menetapkan diri untuk tidak malu, bahwa saya baru mampu ditahap ini , itu adalah suatu poin terbesar saya saat " merayakan sebuah kesalahan / false celebration " Bahkan bu Septi memikirkan kami yang gagal, agar tetap bisa berselebrasi..

Sedihnya kehilangan sesuatu

Sedih banget hingga menangis dan tantrum krn bingung mengungkapkan sedihnya tak bisa ikut sahur di 3hari menjelang syawal.. 25hari lebih mereka terbiasa dibangunkan sahur... Dibopong dan kemudian bisa berbangga saya saum , saya sahur ketika ada kesempatan ditanya orang... ------

Duut.. Maaf ya

Malam malam langit terbangun dan meminta minum.. Selesai minum ( sambil duduk di atas kasur)... Terdengar suara... Duuut... Lalu ia merebahkan tubuhnya lagi Seraya berkata Langit : " bunda ini yg sobek sudah g sakit lagi.." ( sambil menunjukan bekas luka kena gunting.. Saat ia berkreasi kemarin malam.. ) Bunda: " emm. Iya kah. Coba bunda.lihat.. " ( disaat yg sama langit bicara) Langit : " bunda. Tadi langit kentut.. Maaf ya.. " Bunda : " iya... Ini perutnya kena kipas angin ya..." (bermaksud menjelaskan bahwa kemungkinan ia masuk angin) Dan langit pun mencoba tidur kembali) Ya Allah.. Mendengar celotehnya , Engkau berikan ingatan lucu aksi langit saat di dalam mobil.. Perjalanan pulang pasca loburan di jawa ( Tegal -Pemalang) bulan maret lalu.. Saat selesai dari rest area.. Mengantri akan mengisi bensin.. Duut... Duut.. Terdengar suara.. Disusul bau tak sedap mengisi udara dalam mobil ber ac kala.itu... Budhenya yg duduk di k